15 Ide Usaha Modal Kecil yang Memiliki Keuntungan Menjanjikan

Ide Usaha Modal Kecil yang Memiliki Keuntungan Menjanjikan

15 Ide Usaha Modal Kecil yang Memiliki Keuntungan Menjanjikan – Siapa bilang berbisnis harus dimulai dengan modal besar? Justru dengan menjalani usaha modal kecil terlebih dahulu, Anda bisa mempersiapkan mental dan belajar lebih banyak soal mengelola usaha.

Salah satu contohnya, bisnis dengan modal 1 juta aja. Selain gak sulit buat Anda kumpulkan modal, risikonya juga cukup kecil. Modal 1 juta gak terlalu besar jadi risikonya juga gak terlalu besar. Buat kamu yang baru memulai bisnis kecil-kecilan tentu bingung harus memulai dari mana. Berikut beberapa tips untuk memulai bisnis kecil di bawah satu juta agar bisa berkembang

Tips Bisnis Modal Kecil

Memulai bisnis kecil tidaklah sulit, jika Anda tahu strategi yang tepat. Pasalnya, banyak pengusaha yang memulai usaha dari modal kecil. Salah satu tokoh yang memulai bisnis dari modal kecil adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Ibu Susi bercerita bahwa beliau memulai usaha perikanan dengan modal uang sebesar Rp750.000 dan menjualnya kepada beberapa restoran.

Tentu perjalanan bisnis Susi tidak langsung mulus, dengan kerja keras akhirnya Susi berhasil mengembangkan bisnisnya. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan ada beberapa tips yang bisa Anda coba jalankan sebagai berikut:

Baca Juga :  Ekonomi Mikro: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Kebijakannya

Fokus

Tips pertama dalam mengelola bisnis adalah dengan tetap fokus. Anda harus fokus dalam mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mengelola bisnis. Tujuannya agar Anda tahu seluk-beluk bisnis Anda dan hal-hal apa saja yang harus ditingkatkan agar usaha Anda jadi lebih baik. Pastikan Anda tidak mencampur uang pribadi dengan uang usaha agar tidak bingung dalam mengatur keuangan, ya.

Hitung Modal Bisnis

Tips memulai usaha berikutnya adalah dengan menghitung modal bisnis yang diperlukan. Anda bisa memulai hitung dengan teliti kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk membuka bisnis dengan modal kecil. Anda juga bisa hindari pembelian barang yang sekiranya belum diperlukan untuk awal-awal.

Pintar mengelola uang

Mengelola uang memang bukan perkara mudah dalam bisnis, terlebih dengan bisnis kecil yang tentu saja keuntungan awalnya tidak begitu banyak. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus mempelajari cara mengelola uang dengan baik agar bisnis Anda dapat berkembang.

Meski Anda memulai usaha dari usaha modal kecil, pastikan kamu tetap memberikan waktu untuk mengatur dan mengecek arus keuangan bisnis kamu..

Terus Berinovasi

Nah, dalam berbisnis salah satu hal yang harus kamu lakukan agar tetap bertahan adalah dengan terus berinovasi. Inovasi tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar saja, tetapi juga dibutuhkan oleh berbagai lini bisnis. Pembaruan produk tetap dibutuhkan agar pelanggan kamu tidak cepat bosan.

Gigih

Kesuksesan seseorang dalam membuka usaha tentu tak akan di raih tanpa kegigihan. Bukan hanya sekali atau dua kali seseorang mengalami penolakan atau masalah saat memulai bisnis. Namun, hal itu tidak akan membuatnya orang yang tangguh akan menyerah dan memutuskan berhenti.

Jangan terlalu larut dalam kegagalan

Tips memulai bisnis kecil-kecilan adalah jangan terlalu larut dengan yang namanya kegagalan. Dalam berbisnis kegagalan merupakan risiko yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, sebagai pengusaha kamu harus memiliki karakter mental yang tangguh dan tidak mudah menyerah dan larut dalam kegagalan.

Anda bisa mengambil kegagalan sebagai salah satu pelajaran dan jangan lupa untuk mengevaluasi hal tersebut.

Baca Juga :  PENGERTIAN PASAR DAN KARAKTERISTIK YANG MEMBENTUKNYA

Jenis-jenis Usaha Modal Kecil

Setelah mengetahui tips untuk memulai usaha modal kecil, selanjutnya kamu bisa memulai untuk memilih jenis bisnis sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Simak beberapa jenis usaha kecil-kecilan sebagai berikut

1. Konter pulsa di depan teras rumah

bisnis kecil-kecilan - 6
Gak perlu buka konter besar (Blogspot)

Pulsa jadi bagian dari kebutuhan masyarakat masa kini. Maka dari itu, jualan pulsa pasti deh hampir bakal laku. Belum lagi kalau Anda buka lapak di tempat strategis.Biasanya juga juaan ini dilengkapi dengan pembayaran token, pdam, cicilan dan lain-lain tergantung Anda ikut dimana.

Gak perlu jauh-jauh sewa tempat di mall tertentu, Anda bisa buka konter pulsa di depan teras rumah. Dengan catatan, rumah Anda emang cukup sering dilalui orang, ya. Jika Anda bingung Anda bisa daftar melalui saya gratis info di :

Whatsapp 081250014414

Dana yang Anda butuhkan buat bisnis kecil-kecilan ini, antara lain:

Etalase kaca ukuran kecil Rp 200.000
Kartu perdana 1 pack Rp 200.000
Deposit Pulsa Rp 600.000
Total Rp 1 juta

Alternatif lainnya, gak perlu pakai etalase kaca dan jual kartu perdana, kamu bisa taruh penanda. Tempelkan kertas di depan rumah dan beri tahu tetangga kalau kamu sekarang jualan pulsa.

Dengan gitu, kamu bisa alihkan modal 1 juta buat deposit pulsa. Keuntungan yang kamu peroleh sekitar Rp 200 ribuan dengan modal tersebut. Perhitungannya adalah keuntungan Rp 2000 per sekali isi Rp 10 ribu.

2. Bisnis souvenir pernikahan dengan kain flanel

Bisnis Kecil-kecilan 
Kreasi dari kain flanel (HandMadebyZee)

Bisnis buat keperluan pernikahan emang gak pernah ada matinya deh. Kuncinya kamu bisa bikin sesuatu yang menarik.

Salah satu keperluan pernikahan yang sangat dicari adalah souvenir. Modal buat bisnis ini pun gak perlu besar.

Contoh, souvenir kain flanel dapat kamu bentuk jadi gantungan kunci, bros, atau tempat tidur.

Contohnya, kain flanel 1 meter bisa bikin 50 gantungan kunci dengan rincian sebagai berikut:

 

Kain flanel 1 meter Rp 15 ribu
Gantungan kunci 5 lusin Rp 5 ribu
Lem 4 buah Rp 2 ribu
Benang jahit 1 buah Rp 2 ribu
Jarum jahit 1 buah Rp 500
Maintenance Rp 3 ribu
Total Rp 27.500
Baca Juga :  Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa Terlengkap

Setiap gantungan kunci dijual Rp 4 ribu, kalikan 50 maka hasilnya Rp 200.000. Nah, biasanya buat pernikahan, khususnya pernikahan sederhana, butuh 250 gantungan kunci. Total Rp 1 juta.

Dari situ, kamu dapat keuntungan sekitar: Rp 1 juta – (Rp 27.500 x 5) = Rp 862.500.

Hampir dua kali lipat, ya!

3. Jualan sayur-mayur di teras rumah

bisnis kecil-kecilan - 2 
Jualan sayuran (TribunNews)

Usaha ini cocok bagi yang sudah berumah tangga. Belanja buat kebutuhan rumah tangga bisa sekalian kamu jadikan lahan bisnis.

Caranya adalah Anda berbelanja bahan sayur-mayur dan kebutuhan dapur lainnya di pasar. Kemudian, Anda jual lagi di teras rumah.

Gak perlu banyak modal buat ide bisnis satu ini. Kamu bisa sisihkan 1 juta buat beli berbagai sayur, beberapa buah, bumbu-bumbu dan beberapa kilogram ikan maupun ayam. Keuntungannya juga lumayan, lho.

Kamu bisa ambil margin dengan jumlah tertentu yang jadi keuntungan buat kamu.

Untuk bisa menjalani bisnis ini, pastikan kamu gak males untuk bangun pagi ya. Belanja di pasar itu harus pagi-pagi, karena kalau siang, yang ada kamu malah kehabisan stok dari pasar.

4. Jual sarapan di depan rumah

Bisnis Kecil-kecilan - 3 
Jual sarapan aja sekalian bikin sarapan sendiri (KlikMania)

Masih gunakan teras rumah sebagai tempat berbisnis, namun kali ini kamu gunakan buat berjualan sarapan buatan kamu.

Menu sarapan cukup mudah diolah. Contohnya, nasi uduk atau lontong sayur. Meski cukup mudah diolah namun menu ini pasti disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sekarang bergantung pada kamu bisa bikin sarapan yang lezat atau gak. Dan jangan salah lho, ketika menu makanan yang kamu jual enak, maka gak sedikit orang yang merekomendasikan makanan-makanan itu ke orang lain.

5. Menerima pesanan kue

bisnis kecil-kecilan - 4 
Terima pesanan kue (Tokopedia)

Di hari-hari tertentu kamu bisa terima pesanan kue. Tentu saja kue yang jadi andalan kamu dong. Misalnya, kue kering, kue basah atau jenis kue-kuean lainnya.

Mana ada sih yang bisa menolak keenakan jajanan yang satu ini. Target pasarnya dijamin ada di mana-mana.

Bisnis ini gak butuh banyak modal. Namun emang bergantung pada jumlah pesanan kue yang kamu terima juga.

6. Waralaba minuman

bisnis franchise minuman
bisnis franchise minuman

Nah waralaba minuman juga banyak kok yang bisa dimulai dengan modal Rp 1 jutaan. Tapi jangan asal pilih franchise lho ya.

Seringkali pihak franchisor memang menawarkan skema balik modal yang menggiurkan. Namun hal itu bisa saja jadi “jebakan betmen”.

Skema itu hanya sebatas ilustrasi saja. Ilustrasi boleh keren, tapi produk belum tentu keren. Setuju gak?Pada intinya, semuanya akan balik lagi ke minuman apa yang kamu jual.

Bila memang minuman itu lagi ngehits atau dicari banyak orang, maka keuntungannya bisa besar. Namun bila gak sesuai dengan pasar, yang ada justru sebaliknya.

7. Jasa jahit non-obras

Buka usaha jahit gak mesti harus investasi dengan beli mesin jahit mahal. Dengan yang bekas pun bisa, namanya juga bisnis kecil-kecilan.

Siapkan saja beberapa peralatan di bawah ini.

Mesin jahit bekas Rp 800 ribu
Jarum dan benang Rp 300 ribu
Total Rp 1,1 juta

Tawarkan saja jasa-jasa vermak pakaian ke tetangga-tetangga yang memang membutuhkan. Bila memang kamu belum memiliki keterampilan ini, kursus pun jadi kok.

8. Butik preloved sistem konsinyasi

Tertarik jual barang-barang bekas? Coba saja buka butik sederhana di rumahmu.

Ajak teman-teman untuk titip jual barang preloved mereka di lapakmu dan Anda tinggal ambil untung saja dari setiap penjualan. Atau kalau kamu memang punya outfit-outfit yang gak terpakai, bisa dijual di sini juga.

Siapkan saja beberapa barang di bawah ini.

Rak baju gantung 5 buah Rp 500 ribu
Hanger baju 50 buah Rp 600 ribu
Lain-lain Rp 200 ribu
Total Rp 1,3 juta

Intinya, rak-rak baju gantung itu bakal dijadikan rak display t-shirt, kemeja, atau dress-dress prelove yang dititip oleh rekanmu. Biar makin cepat cuannya, jangan lupa buka akun Instagram khusus jualan dan promosikan di sana juga ya.

9. Bisnis parkir buat yang rumahnya strategis

bisnis kecil-kecilan - 5 
Bisnis parkir dekat stasiun menggiurkan (Detik)

Beruntunglah buat Anda yang punya properti di daerah strategis, seperti misalnya dekat mall, perkantoran, stasiun, bandara dan lainnya. Lahan properti Anda tersebut bisa dijadikan lahan parkir.

Lahan parkir yang semakin padat di bangunan-bangunan seperti mall, perkantoran dan lainnya jadi peluang bagus yang harus Anda tangkap.

Modal buat bikin lahan parkir ini gak sampai sejuta. Misalnya, buat bikin portal sederhana aja. Kemudian, yang pasti, pastikan keamanannya juga harus menjaga tempat itu selama masih ada kendaraan di sana.

10. Bisnis kaos pre order

Ide bisnis kecil-kecilan yang tidak kalah menarik untuk dilakukan adalah membuka jasa kaos pre order. Industri fesyen memang tidak pernah ada matinya, dan ini merupakan salah satu celah bisnis yang harus kamu jalani. Memulai bisnis distro membutuhkan modal yang tidak sedikit, kamu bisa menyiasatinya dengan memulai  bisnis kaos pre order.

Dengan sistem pre order, kaos atau baju yang akan diproduksi adalah kaos yang sudah dipesan dan yang sudah membayarkan DP (down payment) atau uang muka.

11. Jual kue dan jajanan pasar

Bagi kamu yang memang hobi memasak, menjual kue dan jajanan pasar menjadi pilihan untuk usaha dengan modal kecil. Kamu bisa menjual berbagai jajanan pasar mulai dari risol, pastel, lemper, dan arem-arem. Kue dan jajanan pasar memang tidak memiliki modal yang terlalu besar. Jika kamu bisa menjual dengan rasa yang enak, kamu pasti akan diburu para pembeli.

12. Toko kelontong

Selain menjual kue dan jajanan pasar, kamu juga bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan membuka toko kelontong. Kamu bisa menjual berbagai keperluan sehari-hari mulai dari kopi, roti, air minum, dan beberapa jualan snack. Kamu bisa memulai membuka toko kelontong dengan modal dimulai dengan harga di bawah Rp1 jutaan.

13. Menjual Gorengan

Buat kamu yang tinggal di daerah padat penduduk, menjual gorengan bisa menjadi pilihan yang tepat karena banyak orang yang suka nyemil pada sore hari. Kamu bisa menjual gorengan seperti bakwan, tempe goreng, cireng, pisang goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal di bawah Rp1 jutaan, lho.

14. Jualan nasi goreng rumahan

Nah, jika kamu memang memiliki hobi masak, menjual nasi goreng rumahan di malam hari tentu menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menjual menu nasi goreng, kwetiaw, serta mie goreng pada malam hari. Sebelum memulai usaha, kamu bisa mencoba berbagai resep nasi goreng, kemudian bertanya pada tetangga resep mana yang paling cocok untuk bisnis nasi goreng.

15. Usaha Jus Buah

Nah, salah satu ide bisnis rumahan dengan modal kecil berikutnya adalah dengan membuka usaha jus buah. Minuman ini menjadi primadona bagi mereka yang suka makanan dan minuman sehat. Memang jus buah bagus untuk memenuhi nutrisi tubuh karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal di bawah Rp1 juta untuk keperluan membeli blender dan keperluan dagang lainnya.

Penyebab Bisnis Kecil-kecilan Cepat Bangkrut

Setelah mengetahui berbagai ide bisnis di atas, kamu jadi bisa memilih bisnis yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Untuk menghindari bisnis kecil-kecilan cepat bangkrut ada beberapa hal yang harus kamu hindari sebagai berikut:

1. Tidak memiliki rencana yang matang

Meskipun kamu menjalani bisnis dalam skala kecil, tidak ada salahnya kamu memiliki tujuan jangka pendek, tujuan jangka panjang, serta strategi yang diperlukan. Perencanaan yang baik tentu akan memudahkan kamu dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis kamu. Bayangkan apa yang akan kamu capai perihal bisnis dalam beberapa waktu ke depan dan jangan lupa menyiapkan strategi yang tepat.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mengembangkan bisnis dengan tempat jualan yang lebih besar, kira-kira lokasi mana yang tepat untuk bisnis kamu.

2. Kurang promosi

Apapun bisnisnya, kamu harus memasarkan produk kamu dengan baik. Akan sayang jika produk yang kamu jual baik dan berkualitas, tetapi hanya sedikit orang yang tahu. Kamu bisa memanfaatkan akun sosial media untuk mempromosikan barang dagangan kamu. Lebih lanjut, kamu juga menawarkan promosi dengan harga diskon saat pembukaan usaha kamu.

3. Bersikap pasif

Nah, salah satu hal yang bisa membuat bisnis kamu cepat bangkrut adalah dengan bersikap pasif. Dalam hal ini berdiam diri dan menunggu pelanggan datang begitu saja. Jika kamu mau usaha yang kamu jalani berhasil, kamu harus berinteraksi dengan pengusaha lain, calon pelanggan, calon rekan kerja, dan orang lain untuk mendapatkan masukan perihal usaha kamu.

4.Tidak berinovasi

Salah satu hal yang dapat membuat bisnis kamu cepat bangkrut adalah dengan tidak mau berinovasi. Setiap bisnis pasti akan turun pada waktu tertentu, untuk mengatasi hal tersebut kamu harus tetap berinovasi entah dalam berkreasi dengan kemasan baru, menu baru, atau inovasi dalam strategi pemasaran.

Dari semua pilihan bisnis yang telah disebutkan, mana yang kamu banget? Memulai bisnis gak harus modal besar yang penting ada kemauan.

You May Also Like

About the Author: Cak Muhai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *