Android: Sistem Operasi Pada Smartphone

Android: Sistem Operasi Pada Smartphone

Android: Sistem Operasi Pada Smartphone – pastinya bagi penggemar smartphone sudah tau jika mendengar kata “Android” merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan dalam sebuah hape atau smartphone.

Sejarah Android

Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat bergerak atau mobile dengan layar sentuh seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc yang didirikan di Palo Alto California pada bulan oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick sears dan Chris White untuk melakukan pengembangan perangkat komputer bergerak.

Produk perusahaan Danger yang cukup terkenal adalah T-Mobile SideKick atau Danger Hiptop, yang merupakan telepon pintar pertama yang menangkap perhatian selebriti POP. SideKick atau Hiptop adalah perangkat yang pertama kali mempelopori client-server dengan basis cloud smartphone  dan pendiri pasar app, kemudian dipopulerkan oleh androi dan iOS.

Rick Miner adalah seorang pendiri Wildfire Communications,inc yaitu perusahaan yang dibangun di Amerika Serikat pada tahun 1992 yang mengembangkan dan menjual software dan peralatan untuk meningkatkan komunikasi telepon.Nick Sears termasuk Mantan Vice President T-Mobile yaitu perusahaan telekomunikasi asal Jerman yang bermarkas di Bonn perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk-produk telekomunikasi.

T-Mobile merupakan anak perusahaan Deutche Telekom yang beroperasi di negara-negara Eropa seperti Kroasia, Austria, Jerman, Ceko, Hongaria, Macedonia, Montenegro, Belanda, Polandia, Slowakia dan Britania Raya.

Sedangkan Chris White adalah seorang kepala desain dan pegembangan antarmuka WebTV (web television) adalah konten televisi yang diproduksi untuk ditayangkan melalui World Wide Web. Acara-acara WebTV termasuk serial web seperti husbands (2011-sekarang) miniseri seperti Dr. Horribles Sing-Along Blog (2008), film animasi seperti Homestar Runner dan video-video eksklusif. Beberapa distributor utama WebTV adalah Youtube, Myspace, Newgrounds, Blip.tv dan Crackle. Sedangkan beberapa perusahaan produksi untuk televisi ini adalah Next New Networks, Vuguru, Revision3 dan Generate LA-NY. Pada tahun 2013 WebTV mencatat sejarah dengan menerima nominasi primetime Emmy Award untuk pertama kalinya atas serial House of Cards, arrested Development dan Hemlock Grove pada Primetime Emmy Awards ke-65.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga OPPO A9 2020

Tujuan awal dari pengembangan android adalah untuk mengembangkan sistem operasi  yang canggih untuk kamera digital, namun kemudian ketika melirik pangsa pasar ternyata perangkat tersebut tidak cukup besar peminatnya dan pengembangan android kemudian dialihkan bagi pangsa pasar telepon pintar untuk menyaingi windows mobile dan symbian.

Kemudian 17 agustus 2005 google mengakuisisi android,Inc menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google.Pendiri Android,Inc Andy Rubin, Miner dan Chris White tetap bekerja di perusahaan setelah diakuisisi oeh Google. Setelah itu tidak banyak yang diketahui tentang perkembangan android,Inc namun banyak anggapan yang menyatakan bahwa google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler dengan tindakannya ini.

Di Google tim yang dipimpin oleh Rubin mulai mengembangkan platform tersebut kepada produsen perangkat seluler dan operator nirkabel dengan janji bahwa mereka menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diupdate. Google telah memilih beberapa mitra perusahaan perangkat lunak dan perangkat keras serta mengisyaratkan kepada operator seluler bahwa kerjasama ini terbuka bagi siapapun yang ingin berpartisipasi.

 

You May Also Like

About the Author: Cak Muhai

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *