Antisipasi Dampak Korona, 89 Juta Penduduk Indonesia Akan Dapat Bantuan Uang Tunai

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Suramadu.net, Jakarta – Dampak virus Korona di sektor ekonomi mulai dirasakan oleh para pengusaha dan masyarakat, harga-harga kebutuhan pokok mulai naik seiring dengan pelemahan rupiah yang terus terjadi beberapa hari belakangan ini.

Tidak sampai disitu saja, pasar modal Indonesia juga belum menunjukan tanda-tanda akan pulih, meski Index Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini ditutup menguat 2.18 % namun secara year to date IHSG masih merah.

Menyadari kepanikan yang mulai terjadi ditengah-tengah masyarakat, pemerintah melaui kementerian keuangan berencana untuk segera menyalurkan bantuan tunai untuk sekitar 89 penduduk diseluruh Indonesia.

Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati usai melakukan rapat via video conference dengan Presiden Joko Widodo dan jajaran pejabat kementerian lainnya mengatakan bahwa bantuan tunai tersebut bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat ditengah wabah virus Korona.

“Tujuannya adalah 89 juta masyarakat, akan diberikan uang dalam bentuk banyak. Atau diberikan dalam kartu sembako yang juga dinaikkan,” papar Sri Mulyani.

Bantuan tunai untuk 89 juta masyarakat tersebut sendiri juga akan disalurkan kepada pemegang Kartu Pra Kerja dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sri Mulyani mengatakan bahwa para pekerja yang terkena PHK juga akan mendapatkan bantuan melalui Kartu Pra Kerja.

Adapun dana yang akan digunakan untuk merealisasikan bantuan tersebut bersumber dari APBN, Bu Menteri sendiri mengatakan bahwa hingga saat ini APBN yang ada masih cukup memadai.

“APBN akan merespons secara cepat. Karena ruang APBN Rp 2.500 triliun cukup memadai,” tegas Sri Mulyani.

Hingga sore ini (20/03/2020), pasien positif virus yang bernama resmi COVID-19 ini di Indonesia kembali mengalami peningkatan ke angka 369 kasus, 32 orang meninggal dunia dan 17 orang dinyatakan sehat atau pulih.

Baca Juga :  Tagihan Listrik Membengkak, PLN Buka Posko Informasi

You May Also Like

About the Author: Auliya Fikri

Blogger & Freelancer. Tertarik dengan topik seputar bisnis, ekonomi, investasi, teknologi, dan gaming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *