Begini Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android

Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android

Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android – Fitur portable hotspot atau biasa disebut tethering biasanya ada disetiap Android untuk membantu perangkat lain supaya dapat mengakses jaringan internet. Akan tetapi, saat menyalakan hotspot tahukah Anda, siapa saja yang sedang menggunakan jaringan wifi hotspot dari Android Anda? Maka di bawah ini akan kita bahas cara melihat siapa saja yang terhubung di hotspot Android.

Salah satu contohnya adalah ketika Anda berada diluar rumah dan ingin memainkan game online, atau beberapa tayangan di YouTube melalui laptop, maka hotspot dari smartphone bisa memberikan solusi untuk membantu terhubung ke internet.

Setelah Anda mengaktifkan fitur wifi hotspot, biasanya akan ada notifikasi berapa jumlah perangkat di dalamnya. Dari tampilan notifikasi ini sebenarnya Anda sudah dapat mengetahui siapa saja yang sedang terhubung dan menggunakan jaringan hotspot dari  Android Anda, namun memang tidak ditampilkan secara detail baik mac address maupun IP address-nya.

Jika Anda ingin mengetahui cara melihat siapa saja yang terhubung di Android secara detail, bahkan hingga durasi waktu dan mulai jam berapa perangkat lain tersebut mulai terhubung, berikut penjelasannya dikutip dari situs duniateknologi.info

cara melihat siapa saja yang terhubung di hotspot

1. Android Menggunakan Fitur Bawaan

Untuk para pengguna Android besutan vendor Samsung, Anda cukup melihatya melalui menu pengaturan. Caranya juga terbilang mudah, yaitu:

Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android Dengan Fitur Bawaan
Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android Dengan Fitur Bawaan
  • Pertama, masuk ke menu pengaturan, pilih opsi tethering dan mobile hotspot.
  • Kemudian, Anda harus mengklik pilihan mobile hotspot.
  • Setelah itu, lihat pada bagian connected device, dan tekan pada salah satu perangkat yang sedang terhubung, maka akan ditampilkan informasi tentang perangkat yang terhubung ke jaringan hotspot Android secara detail.
Baca Juga :  Cara Mudah Cek Tarif GO-JEK, Grab dan Uber Tanpa Membuka Aplikasi

2. Menggunakan Aplikasi Wifi Hotspot dan Share Wifi

Wifi hotspot atau sering disebut sebagai share wifi adalah sebuah aplikasi yang terbilang sederhana namun dapat menjadi alternatif jika smartphone yang Anda miliki tidak memiliki fitur untuk melihat atau mengetahui perangkat Android lain yang sedang terhubung dan menggunakan jaringan hotspot Anda. Caranya adalah:

Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android Dengan aplikasi share wifi
Cara Melihat Siapa Saja Yang Terhubung di Hotspot Android Dengan aplikasi share wifi
  • Sebelum menggunakan fitur hotspot biasanya Anda akan diminta untuk membuat nama wifi dan password.
  • Setelah membuat akun, maka secara otomatis data Anda akan masuk didalam menu user.
  • Saat Anda mulai mengaktifkan dan menggunakan jaringan hotspot dari Android Anda, maka akan ada notifikasi apabila ada perangkat lain yng tersambung.
  • Anda cukup masuk kembali ke menu user untuk dapat melihat daftar perangkat lain yang tersambung ke Android Anda, semua informasinya akan dapat Anda lihat secara detail melalui menu ini.

3. Aplikasi Wireshark

Selain itu, jika Anda ingin mengetahui perangkat tersebut telah mengakses apa saja saat menggunkan jaringan hotspot Android Anda. Ada sebuah aplikasi yang akan memudahkan hal tersebut, yaitu dengan menggunakan aplikasi Wireshark. Aplikasi ini adalah sebuah fitur populer yang sudah dipakai banyak orang dan sengaja dirancang khusus untuk menangkap atau mencacat penggunaan paket data secara real time. Software ini juga dapat memonitoring aktivitas browsing pada sebuah jaringan.

Cara untuk menggunakan aplikasi Wireshark juga sangat simpel. Anda hanya perlu mengaktifkan aplikasi ini, kemudian Wireshark akan menunjukan semua IP address yang ada di jaringan hotspot Anda. Setelah itu, Anda tinggal memilih salah satu saja mana yang akan Anda monitoring dan secara otomatis aplikasi ini akan memulai sesi capture data yang akan menampilkan semua informasi situs apa saja yang pernah diakses oleh alamat ip tersebut.

Baca Juga :  Cara Nonton TV Online Gratis via Streaming Paling Mudah

Itulah beberapa cara melihat siapa saja yang terhubung di hotspot Android. Semoga dapat dijadikan referensi dan dipraktekkan, khususnya bagi yang berprofesi sebagai administrator jaringan dan menentukan siapa saja yang Anda inginkan untuk menggunakan jaringan hotspot Anda.

You May Also Like

About the Author: Cak Muhai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *