Cara Menggunakan Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager – Pasti Anda mempunyai smartphone Android kesayangan milik sendiri, apalagi dibelinya dari uang hasil jerih payah kerja dalam waktu yang lama. Kalau dipikir-pikir, harga smartphone itu sendiri tidak murah loh. Jadi sudah tentu kita menjaga smartphone kesayangan dengan sangat baik, walaupun begitu masih banyak kasus kehilangan smartphone. Entah itu karena lupa, tidak sengaja jatuh, benar-benar dicuri, dan sebab lainnya.

Nah buat Anda pengguna Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan Android Device Manager. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan Android Device Manager dan menjelaskan juga beberapa hal yang sangat penting yang wajib dilakukan oleh bagi Anda pengguna smartphone Android.

Cara Menggunakan Android Device Manager

1. Cara Menyalakan Android Device Manager

cara menyalakan android device manager
cara menyalakan android device manager

Secara default, Android Device Manager pada ponsel terbaru sebenarnya sudah aktif. Namun untuk pilihan lebih lanjut, seperti menghapus data dari jarak jauh, haruslah Anda aktifkan sendiri. Anda bisa akses melalui “Google Settings” yang ada di menu utama > kemudian pilih “Security> Pastikan “Remotely locate this device” dan “Allow remote lock and erase sudah aktif.

Dengan menyalakan Remotely locate this device , berarti mengijinkan Google untuk melacak keberadaan perangkat Android. Sementara Allow remote lock and erase , berarti mengijinkan Google untuk mengunci dan menghapus data di dalam perangkat Android secara jarak jauh.

Baca Juga :  Microsoft Umumkan Aplikasi Word Untuk Android Miliknya Telah Diunduh 1 Milar Kali

2. Selalu Gunakan Kunci Layar

gunakan kunci layar
gunakan kunci layar

Hal yang mudah ini ternyata berdampak besar pada keamanan Anda dalam menggunakan smartphone Android. Dengan menggunakan kunci layar baik itu password, PIN, pola, atau pembaca sidik jari. Tentunya pencuri tak dapat berbuat banyak, satu-satunya jalan adalah harus melakukan factory reset.

Tenang saja, ponsel dengan OS Android 5.0 Lollipop atau yang lebih baru sudah dilengkapi dengan fitur Factory Reset Protection. Jadi, ketika pencuri melakukan factory reset melalui menu recovery, Smartphone tidak akan dapat digunakan sebelum memverifikasi ulang kepemilikan dengan akun Google yang sebelumnya digunakan pada smartphone.

3. Pastikan GPS dan Izin untuk Mengakses Lokasi Diberikan

aktifkan gps
cara menggunakan android device manager aktifkan gps

OS Android biasanya sudah dilengkapi dengan perizinan aplikasi individual, dimana Anda dapat memperbolehkan atau tidak izin yang diminta aplikasi. Untuk alasan menghemat daya, kadang kita dengan sengaja mematikan fungsi penting seperti GPS, sinkronisasi, bahkan data internet. Lalu apa gunanya smartphone canggih jika fungsinya sendiri dibatasi? Jadi, pastikan GPS Anda selalu aktif. Untuk mengaktifkan GPS bisa melalui Quick settings atau melalui menu pengaturan.

4. Persyaratan lainnya yang dibutuhkan

Agar Android Device Manager dapat digunakan secara maksimal, smartphone Android Anda harus memenuhi persyarakat berikut ini.

  • Perangkat aktif dan sudah login dengan akun Google
  • Perangkat Android harus terhubung dengan internet, jadi pastikan Anda tidak menonaktifkan data
  • GPS nyala dan izin untuk mengakses lokasi diberikan
  • Mengizinkan ADM untuk mencari perangkat (aktif secara default)
  • Mengizinkan ADM untuk mengunci perangkat dan menghapus data (nonaktifkan secara default, jadi pastikan kamu sudah mengaktifkannya)

5. Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Android Device Manager

Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Android Device Manager
Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Android Device Manager

Untuk melacak smartphone Android yang hilang, bisa melalui browser baik di komputer laptop, PC, dan smartphone atau melalui aplikasi Android Device Manager. Untuk opsi browser kunjungi: https://www.google.com/android/devicemanager. Selanjutnya masuk dengan akun Google yang sama digunakan pada smartphone Android.

Baca Juga :  Update Berikutnya Skype Untuk Android dan iOS Menawarkan Fitur Screen Sharing

Website ADM akan melacak lokasi keberadaan ponsel Android, lengkap dengan peta beserta nama lokasi, beserta info kapan terakhir digunakan dan perkiraan akurasi letaknya. Kamu bisa memperbesar peta untuk memastikan keberadaan Android tersebut.

6. Fitur-fitur Android Device Manager

Nah Anda dapat memilih smartphone Android yang ingin Anda lacak, jika Anda mempunyai lebih dari satu smartphone Android yang menggunakan akun Google yang sama. Selanjutnya Anda bisa melacak lokasi smartphone Android yang hilang. Ada tiga pilihan yang dapat Anda lakukan pada smartphone yang hilang, yakni ring, lock, dan erase.

Ring

Kamu dapat menderingkan atau membunyikan smartphone Android tersebut, seperti ketika seseorang sedang menelpon. Suara dering telepon akan berbunyi dengan volume maksimal selama 5 menit walaupun pada smartphone Android Anda dalam keadaan silent.

Lock

Anda juga dapat mengunci smartphone Android yang hilang dengan password, walaupun sebelumnya Anda tidak menggunakan password. Dengan password yang dibuat secara darurat ini, setidaknya pencuri tidak bisa menggunakan atau melihat data yang ada pada smartphone. Sehingga mengurangi resiko disalahgunakan.

Erase

Fitur ini akan menghapus semua data pada smartphone Android yang hilang, termasuk foto, video, pengaturan, dan aplikasi. Jika pilihan Erase ini diambil, Anda tidak bisa lagi melacaknya menggunakan Android Device Manager. Berarti Anda harus ikhlas ponsel tersebut hilang. Tetapi setidaknya data-data akan aman karena terhapus. Data yang tersimpan di microSD mungkin tidak dapat dihapus oleh fitur erase ini.

7. Jangan Gegabah Mencari Smartphone yang Hilang Sendirian

Jangan Gegabah Mencari Smartphone yang Hilang Sendirian
Jangan Gegabah Mencari Smartphone yang Hilang Sendirian

Kebetulan Jika pernah kehilangan smartphone dan langsung mencoba melacak, berbagai upaya dilakukan meski itu cukup berbahaya. Jadi, ada baiknya Anda tidak gegabah mencari sendirian. Setidaknya bawalah teman atau polisi kalau bisa. Pada akhirnya, Anda harus ikhlas dan melakukan erase untuk menghapus seluruh data yang ada pada smartphone, serta tidak lupa memblokir nomor telepon untuk mencegah penyalahgunaan.

Baca Juga :  Apa itu Android Device Manager?

Kita tidak tahu pasti kejadian yang akan datang, namun dengan waspada dan melakukan langkah-langkah cara menggunakan Android Device Manager di atas sebagai langkah penyelamatan. Setidaknya kita bisa berusaha dan kalaupun tidak ketemu, semua data kita aman dan semoga smartphone tersebut tidak dapat digunakan karena terkunci. Ada tambahan atau punya pengalaman yang sama? Silahkan berbagi pada kolom komentar di bawah ini ya.

 

 

You May Also Like

About the Author: Cak Muhai

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *