Nilai Tukar Rupiah Anjlok ke Rp 16.000/US$, Investor ini Malah Untung

Investor Berburu Dollar ditengah Pelemahan Rupiah

Suramadu.net, Jakarta – Ketidakpastian perkembangan virus Korona di Indonesia terus berdampak pada sektor ekonomi dan investasi, siang ini pukul 12.20 WIB tercatat ruapiah melemah lebih dari 4% ke angka Rp 16.122, pelemahan ini merupakan yang terparah sejak krisis 1998 disaat rupiah menyentuh harga Rp 16.800/US$.

Pelemahan juga terjadi disektor pasar modal, hari ini IHSG tercatat kembali mengalami penurunan lebih dari 5% membuatnya jatuh ke angka Rp4000 an. Penurunan IHSG ini akibat jatuhnya saham-saham besar penopang lantai bursa.

Namun ditengah pelemahan rupiah dan penurunan saham di pasar modal, masih ada sektor investasi yang menguntungkan, yaitu para investor valuta asing, tepatnya Dollar Amerika Serikat.

Dlam minggu ini nilai tukar dollar sudah naik dari angka Rp 14.000 ke angka Rp 16.000 per dollarnya, hal ini tentu saja menguntungkan bagi para pemegang uang dollar, karena mereka bisa menjual dollar dengan harga jauh lebih mahal.

Selain investor valas, para pebisnis online yang menerima pembayaran dalam bentuk kurs dollar juga akan diuntungkan, seperti para pebisnis yang menjalankan bisnis dan menawarkan jasanya di luar negeri, tentu akan menerima pembayaran dalam bentuk dollar.

Namun kondisi saat ini tidak akan menimbulkan keuntungan dalam waktu lama, karena jika nilai tukar rupiah terus melemah, akan terjadi kenaikan harga barang-barang atau produk impor didalam negeri.

Virus Korona atau yang memiliki nama resmi COVID-19 ini secara perlahan namun pasti mulai berdampak pada perekonomian dalam negeri, bahkan beberapa ahli telah mengatakan kalau ada kemungkinan terjadinya krisis kembali yang lebih parah dari tahun 2008.

Hingga kini sudah ada 227 kasus positif pandemi virus Korona di Indonesia, 19 orang meninggal dunia, dan 11 orang dinyatakan pulih atau sembuh. Pemerintah pusat sendiri menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama.

Baca Juga :  Maskara Andalan Brand Loreal Paris

You May Also Like

About the Author: Auliya Fikri

Blogger & Freelancer. Tertarik dengan topik seputar bisnis, ekonomi, investasi, teknologi, dan gaming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *