Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4, Sejauh Apa Peningkatannya?

Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4
Perbandingan Spesifikasi PS5 Vs PS4, Sejauh Apa Peningkatannya? – Sony baru saja mengungkap spesifikasi konsol game generasi mendatang besutannya, PlayStation 5 ( PS5), lewat acara yang ditayangkan secara live streaming pada Kamis (19/3/2020) lalu. Perusahaan asal Jepang tersebut juga membeberkan sejumlah peningkatan yang diterapkan pada PS5 dibandingkan pendahulunya, PlayStation 4, termasuk dari segi hardware yang lebih bertenaga, waktu loading lebih gegas, dan dukungan resolusi gambar lebih tinggi.
Dapur pacu PS5 mengandalkan 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz, lebih tinggi dibanding PS4 sebelumnya yang ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz. Kapasitas RAM PS5 juga dua kali lebih besar dibanding PS4, yakni 16 GB. Kemampuan olah grafis PS5 mendapat peningkatan besar dengan GPU AMD yang mempunyai 36 Compute Units (CU) dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops, jauh meningkat dari GPU PS4 dengan 18 CU dan daya komputasi 1,84 Teraflops.
Media penyimpanan PS5 pun kini sudah beralih memakai Solid State Drive (SSD) yang mempunyai kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4. Walhasil, waktu loading game bisa dipersingkat. Lead System Architect of PlayStation 5 Mark Cerny mengklaim bahwa, berkat SSD, PS5 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game. Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.
Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K. Dirangkum KompasTekno dari VG247, Jumat (20/3/2020), nantinya konsol anyar ini juga akan mampu membaca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-ray. Untuk tanggal peluncurannya sendiri, PS5 baru akan hadir pada akhir 2020 nanti. Sony masih belum mengungkap tanggal pastinya ataupun bentuk fisik dari konsol next-gen ini.

Baca Juga :  Dari Sejarah Roulette ke Zaman Permainan Online

You May Also Like

About the Author: Cak Muhai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *