Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa Terlengkap

Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Terlengkap

Contoh Surat Penawaran Barang Dan Jasa Terlengkap – Bagi kita yang tertarik menggeluti dunia bisnis, namun kemudian bingung bagaimana cara menawarkan produk yang dihasilkan bisa temukan solusinya dengan melihat contoh surat penawaran.

Saking banyaknya contoh yang bertebaran di dunia maya, mungkin sebagian kamu menjadi bingung mana yang paling bagus dan benar.

Daripada terus-terusan pusing, langsung aja yuk kita simak ulasan lengkap tentang contoh surat penawaran berikut ini:

Apa itu surat penawaran?

Apartemen Jakarta
Surat jual beli apartemen (Shutterstock).

Sebagaimana diketahui, surat adalah salah satu sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup beberapa hal yang meliputi sarana pemberitahuan dan permintaan, buah pikiran, gagasan, alat bukti tertulis, alat pengingat, bukti historis dan pedoman kerja.

Nah, surat penawaran yang merupakan bagian dari surat niaga ini, umumnya digunakan untuk membangun hubungan dengan relasi bisnis dalam rangka menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan.

Biasanya sebelum bertemu dengan relasi bisnis, kita dapat mengirimkan sebuah surat yang menjelaskan rincian layanan kita. Isinya boleh saja membujuk relasi bisnis untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Agar lebih jelas dan membantu kita menyusun suratnya, mari dibaca bareng-bareng lebih jauh yuk tentang contoh surat penawaran

Karakteristik Surat Penawaran

 

Karakteristik utama dari surat penawaran berisi tentang harga dan penjualan. Hanya saja, surat penawaran memiliki karakteristik khusus yang membedakan dengan surat niaga lain. Berikut perbedaan surat penawaran dengan surat niaga pada umumnya.

1. Ada nilai penawaran

Surat penawaran menjadi awalan sebelum adanya persetujuan antara kedua belah pihak yang akan bekerja sama. Biasanya pihak pertama yang lebih dahulu mengajukan nilai penawaran, kemudian ada usulan dari pihak yang ditawarkan. Selanjutnya nilai penawaran tersebut

dibahas oleh kedua belah pihak untuk mendapatkan mencapai kesepakatan.

2. Terdapat harga dan kuantitas pada suatu barang atau jasa

Surat penawaran menjadi alat pemasaran dari sebuah produk atau jasa secara awal. Dalam surat penawaran akan tertulis harga dan kuantitas barang yang ditawarkan.

Keduanya menjadi isi paling utama dalam surat penawaran sebab akan menandakan kepastian dari kedua belah pihak yang memang serius dalam berbisnis. Biasanya dalam surat penawaran, harga akan menjadi bahan diskusi secara terus-menerus.

Baca Juga :  Tujuan dan Prinsip Menerapkan Manajemen Keuangan Perusahaan

3. Terdapat kontrak detail soal penawaran barang atau jasa

Dalam surat penawaran perusahaan juga tertulis surat perjanjian antara kedua belah pihak. Detail kontrak penawaran tersebut tertulis untuk mengurangi kesalahpahaman antarpihak terkait peraturan kontrak.

Isi Surat Penawaran

Berencana membuat surat penawaran? Mari cek beberapa poin di bawah ini apakah sudah ada di dalam surat penawaran yang kita buat sebelumnya. Jangan sampai poin-poin penting justru terlewat karena semakin rinci poin yang kita jabarkan dalam surat penawaran, maka tujuan dari penawaran produk barang dan jasa kita pun menjadi lebih jelas.

Selain itu, nilai plusnya kita terlihat profesional dan sesuai kompetensi dari calon pembeli atau pengguna jasa. Tentu ini akan membantu kita menarik perhatian dari calon relasi bisnis kita, ya. Lalu apa saja yang termuat dalam isi surat penawaran? Berikut rinciannya:

1. Tanggal dan nomor surat 

Surat penawaran harus bertanggal sebagai penjelas atas periode penawaran yang dapat segera dimulai. Kita juga harus menyertakan waktu pengadaan barang dan jasa yang dapat segera dimulai pada surat penawaran.

2. Nilai penawaran

Surat penawaran harus mencantumkan nilai nominal penawaran dalam angka dan huruf. Yang kita harus perhatikan adalah pastikan bahwa nilai penawaran dalam bentuk angka dan huruf jelas.

Sebab apabila nilai penawaran dengan angka tidak jelas tetapi nilai penawaran dengan huruf jelas, maka berlaku nilai penawaran dengan huruf. Begitu pula sebaliknya. Lalu apabila nilai penawaran baik dengan angka dan dengan huruf tidak jelas, maka surat penawaran dinyatakan tidak dimengerti.

3. Masa berlaku penawaran 

Masa berlaku penawaran ditetapkan dalam surat penawaran yang dikirim. Dalam menetapkan waktu berlakunya, pihak pertama atau produsen barang dan jasa harus memperhitungkan bahwa pada saat penunjukan barang/jasa dalam kondisi siap didistribusikan.

Ini penting untuk memastikan harga yang ditawarkan atau dibayarkan tidak mengalami kenaikan harga saat di pasar. Maka, idealnya pihak penyedia harus mencantumkan masa berlaku penawaran.

4. Penandatangan surat penawaran

Surat penawaran harus ditandatangani oleh orang yang berwenang. Dalam peraturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah menetapkan bahwa yang berhak menandatangani surat penawaran adalah:

  • Direktur Utama/Pimpinan perusahaan
  • Penerima kuasa dari direktur utama/pimpinan perusahaan yang nama penerima kuasanya tercantum dalam akte pendirian perusahaan atau perubahannya
  • Kepala cabang perusahaan yang diangkat oleh kantor pusat.
  • Pejabat yang menurut perjanjian kerjasama berhak mewakili perusahaan yang berkerja sama.
  • Khusus untuk peserta perorangan tidak boleh diwakilkan.

Metode Penulisan Surat Penawaran

Penulis artikel SEO Friendly salah satu jenis kerja sampingan
Menulis

Sekarang waktunya untuk menulis surat penawaran. Dalam menulis surat penawaran, pada tahap awal kita harus memperhatikan bagian-bagian surat yang dibuat. Ini penting untuk menunjukkan keseriusan dalam menawarkan suatu barang atau jasa.

Baca Juga :  Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat Pertumbuhan Ekonomi

Karena surat penawaran sifatnya adalah surat resmi yang ditujukan baik ke perorangan, instansi maupun organisasi, maka bagian-bagian ini harus termuat dalam surat penawaran:

  • Menggunakan kepala atau kop surat. Kop surat umumnya terdiri dari nama instansi/lembaga yang ditulis dengan huruf kapital, alamat lembaga ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil. Selanjutnya logo instansi atau lembaga.
  • Ada nomor surat. Nomor surat adalah urutan surat yang dikirim.
  • Terdapat lampiran. Berisi lembaran lain yang disertakan selain surat.
  • Perihal. Berupa garis besar isi dari surat yang diberikan.
  • Tanggal surat. Penulisan tanggal surat biasanya ditempatkan di sebelah kanan secara sejajar dengan nomor surat.
  • Alamat yang dituju. Ada baiknya dalam penulisan tidak menggunakan kata kepada.
  • Menggunakan salam pembuka. Penulisan salam pembuka dimulai dari margin kiri, bukan ditengah-tengah dan tidak menjorok ke dalam seperti paragraf. Salam pembuka berfungsi sebagai sapaan dalam surat dan di awal ditulis dengan huruf kapital serta diakhiri tanda koma.
  • Isi surat. Penggunaan ragam bahasa resmi atau bahasa baku dalam isi surat dengan penulisan ejaan yang disempurnakan atau EYD. Biasanya isi surat tertulis jumlah kebutuhan atau stok produk, merek, ketentuan pembayaran, mutu hingga teknis pengiriman barang.
  • Penutup surat. Penutup surat berisi salam penutup, jabatan, tanda tangan dan nama yang disertai dengan nomor induk pegawai.

Contoh Surat Penawaran Barang

PT SEJAHTERA SELALU (Komoditas Agribisnis)

Jl. Raya Bogor No 30-Depok 16431 Indonesia

Telepon: 021-8867689, Fax: 021-887689, email: [email protected]

CP: 089898374087, email: [email protected]

Jakarta, 4 Oktober 2019

Perihal : Perkenalan dan Penawaran Barang

Lampiran: Daftar barang dan Harga

Kepada,

Yth. Up. Janji Sejiwa Kopi

Dengan hormat,

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas perkenannya Bapak/Ibu memberi kesempatan kepada kami untuk memperkenalkan perusahaan kami. Kami dari PT Sejahtera Selalu (Komoditas Agribisnis) berniat untuk memperkenalkan diri lebih jauh melalui surat perkenalan ini.

Komoditas Agribisnis adalah perusahaan yang memproduksi biji kopi dan bubuk kopi yang berasal dari Sumatera Utara. Kami menyediakan biji kopi dan bubuk kopi untuk kebutuhan restoran, kafe, hotel hingga perkantoran.

Biji kopi kami berasal dari salah satu pegunungan di Danau Toba yang dikenal dengan Kopi Lintong dan diolah langsung dari kebun kopi kami. Produk biji kopi kami adalah kopi arabika yang merupakan salah satu varietas kopi arabika terbaik di Indonesia lewat rasa dan aroma yang sangat unik dan khas.

Berikut keunggulan kopi arabika lintong yang kami produksi:

  • Memiliki tingkat acidity yang tinggi sehingga keasamannya juga tinggi
  • Aromanya harum saat diseduh sehingga seluruh ruangan akan terasa harum
  • Proses pengelolaan yang digunakan dengan pengelolaan basah dengan dua kali pengeringan di bawah sinar matahari
  • Telah diekspor ke Amerika Serikat yang menandakan kualitas berkelanjutan

Demikian penjelasan singkat mengenai peralatan security system. Sebagai informasi kami telah dipercayakan sejumlah klien tetap kami saat ini maupun yang pernah menjadi klien kami:

  • Restoran Chips
  • Kafe Kini Kopi
  • Kafe Semut Merah
  • Kafe Toraja Jakarta
  • Kafe Atjeuh
  • Hotel Mandala
  • Hotel Danau Toba

Besar harapan kami untuk dapat membantu Bapak/Ibu dalam memenuhi kebutuhan kopi di kafe anda. Kami selalu siap untuk dapat melakukan diskusi dengan Bapak/Ibu agar mendapatkan bubuk dan biji kopi terbaik.

Untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut Bapak/Ibu dapat menghubungi kami di nomor

0876585859 (a.n. Reno Renadi) atau dapat mengunjungi website kami di www.kopilintongsatu.co.id.

Atas perhatiannya dan kerjasamanya kami haturkan terima kasih.

Hormat kami,

(Tanda Tangan)

Reno Renadi

Sales Executive

Contoh surat penawaran jasa keamanan

PT AMAN SELALU

SIAP MELAYANI KEBUTUHAN KEAMANAN ANDA

Jl Pahlawan 29, Bandung Telp : 022 1234567

Bandung, 9 Februari 2020

Nomer                  : 44/S.Pen/VII/2020

Lampiran             : 1 Bandel Company Profile

Hal                          : Penawaran Jasa Keamanan

Kepada,

Manager PT Trimegah Puncak

Jl Kesehatan No 11, Garut

Jawa Barat

Dengan hormat,

Sehubungan adanya surat permintaan company profile serta daftar jasa dari perusahaan saudara dengan nomor 01/MN/VI/2020 yang sudah kami terima. Maka kami ucapkan terima kasih banyak untuk permintaan penawaran yang telah ditujukan pada perusahaan kami.

Kami adalah sebuah perusahaan penyedia jasa keamanan yang telah memiliki kerjasama dengan sejumlah perusahaan ternama di Indonesia. Di sini kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk masalah keamanan kepada PT Trimegah Puncak. Bersama dengan surat ini izinkan kami untuk mengajukan penawaran untuk pekerjaan jasa keamanan di PT Trimegah Puncak. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan Profil Company perusahaan kami. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk menjalin kerjasama dengan kami.

Demikian Surat Penawaran ini kami buat. Besar harapan kami untuk dapat menjalin kerja sama dengan PT Trimegah Puncak untuk ke depannya. Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi customer service di nomor 022-1234567. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

PT Aman Selalu

(Tanda Tangan)

Bambang Sugianto

Manajer Sales

Sudah tercerahkan sekarang, ya? Setelah melihat contoh surat penawaran di atas, kamu bisa segera praktikkan untuk menulis surat penawaran dan semoga bisnis kita lancar dan laris manis.

Terus membaca Suramadu untuk kita yang sedang mencari-cari informasi soal bisnis dan keuangan pribadi. Semoga sukses!

Baca Juga :  Ekonomi Mikro: Pengertian, Tujuan, dan Contoh Kebijakannya

You May Also Like

About the Author: Cak Muhai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *