Teknik melepas timah solder pada PCB

Tutorial kali ini didapat dari pengalaman aku waktu kapasitor mikrotik RB 750 saya mengalami rusak, LAN card tidak mau hidup. Nah sesudah baca-baca dari aneka macam forum, penyebab kerusakan tersebut merupakan kapasitor rusak. Ciri-ciri kapasitor yang aku lihat fisiknya adalah bengkak.

Kapsitor mikrotik 6.3v 680 uf

gambar pada atas merupakan model berdasarkan kapasitor yg tertanam pada PCB mikrotik rb750, ok sekarang bagaimana teknik melepas kapasitor tersebut. Langkah jitu yang aku coba adalah sebagai berikut :

  1. tambahkan timah pada kaki bagian bawah pcb (ujung kaki kapasitor) fungsi dari ini adalah membantu melelehkan timah yang merekat pada PCB, biasanya teknik ini sangat membantu solderan yang mati.
  2. setelah itu sambil menambahkan timah, kita pakai alat bantu seperti pin untuk mendorong kaki-kaki kapasitor (posisi mudahnya adalah posisi PCB dibalik. jadi sambil mencairkan timah kita dorong juga kaki-kaki kapasitor sampai rata dengan PCB. syukur-syukur kalo tahap ini kaki kapasitor sudah bisa langsung lepas. apabila belum lepas lanjut ke tahap ketiga.
  3. pada tahap ini kondisi kaki kapasitor sudah rata dengan PCB, yang tadinya tahap kedua PCB kita balik sekarang kita balikkan lagi ke posisi semula. sama hal nya dengan tahap kedua. kaki PCB kita panasi dengan solder, tetapi yang tadinya pin membantu mendorong, sekarang pin digunakan untuk menarik / dicongkel. tahap ini sudah sangat mudah melepas kapasitor, yang penting timah mencair, pin berkerja juga sambil menarik kapasitor.

ok sob, tips singkat ini semoga berguna buat kamu juga.

Regards,

cangkal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *